17 Februari 2016

INDIANA CHRONICLES: BLUES by CLARA NG

Diposting oleh Mellisa Assa di 1:20:00 PM
 

Judul: Indiana Chronicles Blues
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 9797-22-0947-6
Tahun Terbit: 2004
Tebal Buku: 312 halaman;20 cm
Genre: Romance

Namanya Indiana Lesmana, 26 tahun, bekerja di Perusahaan Konsultan Manajemen sebagai Head Hunter di Divisi HRD. Tapi karena kekurangan tenaga, Indi -panggilannya- ditempatkan sementara di Divisi Riset. Punya bos tukang menuntut, gaji pas-pasan yang membuatnya masih harus menumpang di apartemen Sara, sepupunya. Pacarnya Francis adalah konglomerat. Tapi Francis memiliki sifat yang dominan. Meski demikian, Indiana sangat mencintai Francis. Masalah datang bertubi-tubi pada Indiana saat dia mengalami kecelakaan pesawat di hutan belantara Kalimantan, yang untungnya tidak memakan korban. Kecelakaan tersebut membuat Indiana bertemu Charles yang ternyata adalah pimpinan perusahaan penerbit yang menjadi klien perusahaan tempat Indiana bekerja. Pasca kecelakaan, hidup Indiana berubah. Dia menjadi sorotan dimana-mana karena sikap heroiknya yang membantu kru pesawat menolong korban kecelakaan lainnya. Tiba-tiba bosnya menaikkan gaji dan jabatannya. Tapi secepat karirnya naik, secepat itu pula karirnya merosot tajam karena dia dan Charles sama-sama tertangkap kamera infotainment saat sedang makan malam berdua. Indiana dipecat perusahaan karena dianggap tidak bisa bersikap profesionalisme dengan klien. Dan Francis menuduhnya sebagai seseorang yang gila ketenaran yang membuatnya harus membatalkan pernikahan mereka. Indiana terpuruk, tapi dengan semangat dari Sara, Indiana bangkit kembali dan mendapat tawaran dari majalah Metro Woman untuk mengisi kolom Blues di majalah mereka.
Novel ini lebih cocok masuk kategori chiclit sebenarnya. Indiana seperti gadis kebanyakan pada umumnya yang berharap meraih karir mapan dengan gaji setara dan pacar yang pengertian, yang mau mendengarkan pendapatnya juga. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Indiana harus melewati rintangan-rintangan terlebih dahulu sebelum mencapai apa yang diimpikannya. Walaupun terlihat lemah di depan Francis, tapi Indiana memiliki hati yang baik, tanpa dia sadari.
Sebelumnya, aku sudah membaca beberapa review mengenai novel ini dan sebagian besar menyatakan kalau beberapa scene dari novel ini mirip dengan seri Shopaholic-nya Sophie Kinsella. Aku memang baru membaca satu serinya, dan yah memang aku mengakui ada beberapa scene yang mirip. Gosip yang menerpa Indiana membuatnya kehilangan pekerjaan, disalahkan Francis karena bisnisnya terancam dengan munculnya Indiana di berbagai acara gosip, Indiana yang pergi ke luar kota dan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passionnya, dan Francis yang menemui Indiana di luar kota, kurang lebih mirip dengan apa yang menimpa Rebecca Bloomwood dalam Shopaholic Abroad. Tapi, terlepas dari kebetulan tersebut, aku suka dengan cara penulis bercerita di novel ini. Bahasa yang ringan dan segar, lucu, kocak dan kadang lebay benar-benar menghibur. Yang mencari bacaan ringan tapi tidak membosankan, boleh memilih novel ini. Tapi mungkin sudah agak susah nyarinya yah karena novel ini angkatan tuanya metropop hehehe. Semoga kalau terbit ulang bisa diperbaiki kekurangan novel ini terutama typo-nya.
3 of a 5 Stars

1 komentar:

Pengobatan usus buntu on 01/03/16 10.57 mengatakan...

penasaran pengen baca novelnya

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor