15 Mei 2015

Single Ville's Review

Diposting oleh Unknown di 9:40:00 AM
Judul: Single Ville
Penulis: Choi Yun Kyo
Penerjemah: Krisnadiari
Penyunting: KP Januwasari
Proofreader: Dini Novita Sari
Ilustrator Isi: Angelina Setiani, Frendy Putra
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-7742-43-7
Tebal Buku: 308 halaman;20 cm
Genre: Romance

SINOPSIS:
Di Tempat Ini Apa pun Mungkin Terjadi!
Kecuali Percintaan

Apakah Anda sudah lelah akan cinta?
Apakah anda sudah bosan hidup Anda diganggu orang lain?
Inilah Single Ville, sebuah cottage yang modern.
Syaratnya hanya satu : single!
Mulailah sekarang juga, kehidupan yang menyenangkan tanpa cinta.

Enam orang, yang terdiri atas laki-laki dan perempuan, akan menjadi penghuni Single Ville. Mereka adalah orang-orang yang terpilih melalui persaingan ketat dengan tingkat persaingan 1:1000. Akan tetapi, yang menanti mereka di tempat itu bukanlah kehidupan yang tenang. Setiap hari berbagai peristiwa aneh dan misterius menimpa orang-orang yang memimpikan kehidupan lajang yang indah. Mulai dari jendela yang pecah, seorang penguntit meninggalkan tulisan aneh di kamar mandi, tersangka pembunuhan yang berkeliaran, dan … pelanggar peraturan utama Single Ville.
Akankah mereka menikmati ketenangan yang mereka dambakan? Lalu, siapakah nantinya akan menerima hukuman karena jatuh cinta?

REVIEW:

Single Ville bercerita seputar kehidupan enam orang penghuninya, yang memilih hidup lajang dan tinggal di Vila yang dikelilingi hutan pohon birch. Masing-masing dengan tujuan yang berbeda-beda. Penghuni rumah nomor 1 adalah Jeong Mi In yang juga pemilik Single Ville. Rumah nomor 2 dihuni oleh Yun Seong, seorang penulis yang merahasiakan jati dirinya dihadapan publik. Rumah nomor 3 seharusnya dihuni oleh Im So Yeong, tapi karena ada sesuatu hal dia meminta temannya Kang Hyeon Ah menggantikan posisinya dan menyamar sebagai dirinya. Rumah nomor 4 dihuni oleh Jeong Geon Woo, yang juga ponakan Jeong Mi In. Rumah nomor 5 dihuni oleh Go Seong Min, mantan detektif yang mengundurkan diri dari kepolisian karena tidak juga berhasil menangkap seorang pembunuh berantai. Dan rumah nomor 6 dihuni oleh Lee jeong Hyeok, pria pesolek yang diam-diam menjalin hubungan dengan seseorang yang juga berhubungan dengan masa lalu Kang Hyeon Ah.

Ceritanya sendiri sebenarnya lebih ke kisah Yun Seong dan Hyeon Ah, yang sebelum bertemu di Single Ville pun ternyata mereka sudah pernah bertemu sebelumnya, tanpa disengaja. Dan tanpa mereka ketahui, mereka berdua adalah partner kerja. Yun Seong seorang penulis cerita dongeng, dan Hyeon Ah yang ditugaskan membuat ilustrasinya. Tapi di awal cerita, aku dibuat kebingungan dengan cara penulis mengajak pembacanya untuk mengenal tiap karakter dalam novel ini. Dari tokoh yang ini, tiba-tiba saja sudah pindah ke tokoh yang lainnya. Ditambah alurnya yang juga maju-mundur, sering membuatku harus kembali ke halaman sebelumnya untuk lebih memahami ceritanya. Dan gaya bahasanya juga bukan favorit aku. Butuh waktu lama untuk aku menyelesaikan novel ini, karena dari awal saja aku bacanya mulai lelet, karena harus benar-benar memahami semua karakternya dan hubungan beberapa karakter di masa lalu mereka. Tapi di pertengahan aku mulai memahami ceritanya dan mulai bisa mengikuti alurnya. Seandainya gaya bahasa penulis lebih mudah, mungkin cerita ini akan lebih mengalir dan terjemahannya lebih bisa dinikmati. Intinya sih, tema yang diangkat penulis menarik. Sebuah hunian yang hanya diperuntukkan bagi para single dan dilarang jatuh cinta. Karena kalau dipikir-pikir lagi, semandiri apa pun seseorang, dia tetap butuh teman berbagi, dan namanya manusia normal pastinya tetap butuh cinta. Begitu juga konflik-konflik yang timbul pada akhirnya. Tapi karena dari awal aku sudah kesulitan mengikuti jalan ceritanya, feel-nya malah kurang dapat.

Dari segi 'penampilan', aku sangat menyukai cover-nya yang eye catching, dan ilustrasi di dalam novel ini. Kerja tim editingnya juga rapih, meski aku masih menemukan satu typo tapi tidak mengganggu sama sekali.


3 of a 5 stars.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor