25 Juni 2016

The 5th Wave by Rick Yancey

Diposting oleh Mellisa Assa di 11:44:00 PM

Judul Buku : Gelombang 5 (The 5th Wave)
Penulis : Rick Yancey
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Editor : Barokah Ruziati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : Desember 2013
Tebal : 576 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-9115-5
Genre: Science-Fiction

Setelah gelombang 1, hanya kegelapan yang tersisa
setelah gelombang 2, hanya orang-orang beruntung yang lolos
dan setelah gelombang 3, hanya yang tidak beruntung yang bertahan
setelah gelombang 4, hanya ada satu peraturan : Jangan percaya pada siapapun.
Alien menyerbu bumi dan menyapu habis manusia dalam beberapa gelombang.
Cassie berhasil bertahan sejauh ini. Menurutnya, untuk tetap hidup, ia harus sendirian. Sampai ia bertemu Evan Walker. Cowok misterius itu mungkin satu- satunya harapan Cassie untuk menyelamatkan adiknya-atau bahkan menyelamatkan dirinya sendiri. Namun Cassie harus memilih antara percaya atau putus asa, melawan atau menyerah, hidup atau mati.
Kebiasaan buruk menunda-nunda review adalah jadi lupa apa yang mau diomongin, padahal aku sangat terhipnotis dengan novel ini dari halaman awalnya. Oke,,,mulai pelan-pelan aja yah?
The 5th Wave menceritakan perjuangan manusia melawan para alien yang ingin menginvansi bumi. Gelombang pertama serangan adalah bom EMP. Listrik mati, mobil mati, pesawat berjatuhan, no internet. Cassie Sulivan, keluarganya dan umat manusia lainnya masih belum tahu apa yang terjadi sebelum kabar serangan alien merebak. Gelombang 2, tsunami besar-besaran, meluluh-lantakkan negara-negara pesisir pantai, dan melenyapkan hampir sebagian besar umat manusia. Gelombang 3, datang dalam bentuk wabah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Gelombang 4, peredam.
Cassie Sulivan berhasil bertahan sejauh ini dan berpikir kalau dia mungkin satu-satunya manusia yang selamat. Ibunya pergi lebih dahulu karena serangan wabah. Ayahnya dibunuh di depan matanya, dan adiknya Sammy dibawa oleh segerombolan orang yang mengaku tentara. Tujuan Cassie untuk saat ini hanyalah menemukan adiknya sambil berusaha untuk tetap hidup. Dia tidak bisa memercayai siapapun, sampai dia diselamatkan oleh Evan Walker. Laki-laki misterius yang hidup sendirian setelah seluruh keluarganya tewas. Evan, si hiu yang ingin menjadi manusia. Sekalipun ingin menjauh dari Evan, tapi Cassie membutuhkannya untuk menemukan Sammy.
Sementara di lain tempat, Ben Parish, cinta pertama Cassie tengah dipersiapkan menjadi tentara handal untuk menghadapi alien. Zombie, nama yang diberikan padanya. Dilatih bersama rekan-rekan satu grup-nya, Ringer, Poundcake, Teacup, Dumbo, dan ketambahan satu anggota Nugget yang tidak lain adalah Sammy adik Cassie. Tujuan mereka satu, balas dendam. Menghabisi alien yang sudah menimbulkan kekacauan di bumi. Tapi di saat operasi mereka pertama kali, Ringer si cewek jago tembak mulai mengungkap semua keganjilan-keganjilan yang terjadi. Mereka sadar, kalau merekalah gelombang ke 5. Anak-anak yang dilatih untuk membunuh kaum mereka sendiri.
Bagaimana kelanjutan kisah Cassie, Evan dan Ben? Apakah mereka bisa selamat? Jangan lewatkan novel ini.
Awalnya, genre science fiction bukanlah genre favoritku. Bahkan aku nggak tahu novel-novel apa saja yang masuk dalam genre ini. The 5th Wave jadi novel genre Science Fiction kedua yang aku baca, dan aku jadi makin suka dengan genre ini. Mengangkat kisah kekacauan yang ditimbulkan alien, membuat aku sebagai pembaca terus dibalut rasa penasaran dari awal sampai akhir cerita. Aku jadi berasa dejavu dengan kekacauan yang terjadi di novel ini setelah serangan gelombang 1. Dejavu bukan karena pernah mengalami yah, tapi lebih ke mix feeling yang aku rasa. Bagi yang pernah nonton The Walking Dead dan Revolution, pasti merasakan kengerian yang sama saat membaca The 5th Wave. Sesama umat manusia jadi saling membantai demi bisa bertahan hidup. Nggak bisa memercayai siapapun. Kebayang nggak sih kalau jadi Cassie? Sendirian, berkelana dan harus mencari adik satu-satunya.
Bergantian menceritakan dari sudut pandang Cassie, Evan, dan Ben, kita akan diajak menebak-nebak jalan ceritanya. Cassie bakal selamat gak yah? Bakal ketemu Sammy lagi nggak? Evan ini sebenarnya siapa? Apa Cassie dan Ben bisa bersatu melawan alien? Dan kita juga nggak bisa membedakan mana orang-orang yang memang baik dan mana yang jahat. Kalau membayangkan alien seperti di film-film, jelas di novel ini bukan wujud seperti itu yang akan kita temui, tapi dalam wujud manusia. Tanpa sadar kita juga akan ikut menganalisa, oh yang ini yang jahat nih atau ini yang baik, walau nggak jarang juga jadi salah kaprah. Bukan cuma dalam hal mana yang baik, mana yang jahat, tapi dalam hal asmara juga masih mengambang, Cassie bakalan tetap sama Evan atau kembali ke cinta pertamanya, Ben Parish.
Parameterku dalam memberikan bintang sempurna untuk sebuah novel adalah yang pertama jalan cerita yang tidak membosankan yang membuatku nggak rela berhenti sebelum cerita berakhir, dan saat aku mengambil jeda sejenak, aku jadi ingin cepat-cepat kembali membaca karena ceritanya yang terus terbayang. Kedua, jalan ceritanya tidak melebar dari genre yang diusung, dan tidak berbelit-belit. Untuk The 5th Wave, jalan ceritanya mudah dipahami dan tanpa istilah yang sulit. Terjemahannya juga tidak kaku. Dan bertabur tokoh-tokoh yang kuat. Cassie dan Ringer jelas jadi favoritku. Perempuan-perempuan tangguh dan pemberani. Nggak kebayang deh kalau ada di posisi Cassie dan harus menghadapi kekacauan sendirian. Novel ini recommended, terutama buat kalian yang mengaku pecinta genre Fantasi, Distopia dan Science Fiction.
5 Stars



0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor