18 Januari 2016

THE CUCKOO'S CALLING by ROBERT GALBRAITH

Diposting oleh Mellisa Assa di 12:12:00 PM



J. K Rowling kembali. Menggunakan nama pena Robert Galbraith, kali ini Rowling membawa kisah Cormoran Strike. Strike adalah detektif partikelir, seorang veteran perang yang memiliki luka fisik dan luka batin. Strike kehilangan salah satu kakinya dan terpaksa menggunakan kaki palsu akibat terkena bom. Di seri pertama Cormoran Strike ini, dia diminta menyelidiki kematian seorang model bernama Lula Landry. Model cantik ini jatuh dari ketinggian balkon flat-nya. Polisi menetapkan kasus ini sebagai kasus bunuh diri. Tapi kakak korban, tidak percaya kalau adiknya bunuh diri. Jadilah dia meminta bantuan Strike untuk kembali menyelidiki kasus jatuhnya Lula. Kasus ini memberinya kelonggaran dalam hal keuangan. Yah, Strike mengalami masalah keuangan. Tidak punya tempat tinggal karena putus dengan kekasihnya, dan hutang yang menumpuk. Strike memutuskan menerima kasus ini. Dibantu Robin, sekretaris sementaranya, gadis pintar yang sangat teliti dan rapih, Strike perlahan-lahan mulai menemukan kebenaran yang berujung dengan bahaya. Dengan latar belakang kota London, dimulai dari tempat elit sampai ke daerah kumuh, inilah kisah Cormoran Strike dalam menyelidiki kasus kematian supermodel Lula Landry.

Yang mati hanya bisa berbicara melalui mulut orang-orang yang ditinggalkan, dan melalui tanda-tanda yang terserak di belakang mereka. Hal 325
Kalau tujuan penulis ingin keluar dari bayang-bayang Harry Potter, sepertinya penulis berhasil. Awalnya kita memang harus bersabar-sabar dulu dengan deskripsi mengenai Cormoran Strike. Karena novel ini ada sekuelnya, otomatis penulis harus menjabarkan dulu siapa Cormoran Strike. Hidupnya memang kurang beruntung. Strike adalah putra bintang rock terkenal, tapi hubungan mereka hanya sebatas DNA saja. Belum lagi Strike yang menemukan jasad ibunya yang tewas karena overdosis, kehilangan sebelah kakinya dan putus dari pacar kaya nan cantiknya. Strike digambarkan sebagai pria yang sangat tidak menarik dari segi fisik, tapi memiliki kecerdasan menganalisa yang hebat. Diliputi rasa penasaranlah yang membuat aku menyelesaikan novel ini dalam waktu satu setengah hari saja. Padahal novel ini cukup tebal, dan ukurannya juga panjang. Sampai mendekati ending, aku tidak bisa menebak pelaku sebenarnya. Saat penulis mulai sedikit mengarahkan kita ke pelaku sebenarnya dan mulai bisa menebak, tebakanku dipatahkan dengan alibi tersangkanya.
Di novel ini kita tidak hanya akan mengenal karakter Cormoran Strike saja, tapi juga Robin, sekretarisnya. Masih ada sedikit misteri yang disimpan penulis tentang Robin. Seperti, kenapa dia ingin bekerja dengan Strike sekalipun komisinya kecil, dan kenapa dulu dia berhenti sebagai mahasiswa psikologi. Dan mengingat perjumpaan awalnya dengan Strike yang langsung menimbulkan kontak fisik yang tidak menyenangkan, aku penasaran kalau nantinya akan ada jalinan asmara antara keduanya. Penulis juga menggambarkan kehidupan Lula Landry. Meski sudah meninggal, namun porsinya lumayan besar juga lewat cerita-cerita yang digali Strike dari teman-temannya.
Keseluruhan, aku suka dengan novel ini, dan tetap berniat membaca seri-serinya yang selanjutnya.

Keterangan Buku:
Judul: The Cuckoo's Calling
Penulis: Roberth Galbraith
Penerjemah: Siska Yuanita
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-0062-7
Tahun Terbit: 2014
Tebal: 520 halaman;23 cm

 4 of a 5 Stars

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor