26 November 2015

JANUARI: FLASHBACK by CHERRY ZHANG, PETRONELA PUTRI, PIA DEVINA

Diposting oleh Mellisa Assa di 10:40:00 AM


SIAP UNTUK PESTA SELANJUTNYA, GADIS KECIL? CARI SEBUAH TITIK BALIK, DAN TEMUKAN AKU DI SANA
Teror itu datang bertubi-tubi pada Arumi setelah kematian sang ayah.
Semuanya belum selesai, bahkan baru saja dimulai tepat ketika ayahnya ditemukan bunuh diri pada malam tahun baru. Bersama dengan Era dan Alana –anak-anak dari sahabat ayahnya, serta Gara- seorang polisi muda, Arumi mulai menelusuri kejanggalan demi kejanggalan.
Armand Rahardja adalah seorang pengusaha sukses dan kaya raya, namun meninggalkan banyak misteri dari kematiannya, dan seseorang di luar sana mungkin saja sedang mengincar nyawa dari mereka yang tersisa.
Sebuah tragedi dari masa lalu memaksa masuk kembali ke dalam hidup mereka, menuntut keadilan yang dulu tak pernah ditegakkan.

Penulis: Cherry Zhang, Petronela Putri, Pia Devina
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: 2015
Tebal: 200 hlmn
ISBN: 978-602-251-867-9
Genre: Drama, Thriller

Novel ini jadi karya Cherry Zhang dan Petronela Putri pertama yang aku baca, dan novel kelimanya Pia yang aku baca. Kita akan terhanyut dalam rasa penasaran saat membaca halaman-halaman awal novel ini. Apa tepatnya yang terjadi di masa lalu dan membawa dampak buruk pada Arumi, Era dan Alana.

Cerita bergulir dari tiga sudut pandang. Arumi, Era dan Alana. Inti ceritanya adalah dendam dengan kejadian masa lalu. Keteledoran dan tidak adanya rasa tanggung jawab mengakibatkan seorang anak harus tumbuh tanpa kasih sayang kedua orangtuanya, tepat di malam tahun baru. Bertahun-tahun kemudian, balas dendam mulai dijalankan. Dalam bentuk teror berupa kiriman paket berisi bangkai tikus, dan ada paraf inisial nama sahabat orangtua mereka. Belakangan teror makin menjadi. Membuat Arumi, Era dan Alana dilanda kecemasan. Kemunculan Gara pun tak lantas membuat ketakutan itu sirna. Arumi dan Alana sama-sama menaruh hati pada Gara, sementara Era menaruh kecurigaan pada Gara. Bersama-sama mereka mencoba mengungkap maksud teror tersebut, dan siapa pelakunya. Tapi semuanya malah berakhir terbalik dengan skenario yang sudah disusun pelaku teror. Apa sebenarnya yang terjadi? Dan siapa pelaku teror yang sebenarnya? Silahkan dibaca novelnya :)

Mari kita berpenasaran ria saat membaca novel ini. Novel kolaborasi, tapi ceritanya bisa nyambung antara satu tokoh dan tokoh lainnya. Menulis novel thriller solo saja menurutku susah, apalagi ini ditulis secara trio. Jadi aku memberikan apresiasi pada ketiga penulis yang berhasil membuat ceritanya nyambung dan tidak keteteran kemana-mana. Karena ini karya pertama Cherry Zhang dan Petronela Putri pertama yang aku baca, jadi aku nggak akan terlalu mengomentari gaya menulis mereka. Aku komentarin Pia aja deh hehehe. Januari: Flashback ini jadi novel kelima Pia yang aku baca, dan teknik menulis Pia semakin baik saja. Apalagi Pia menciptakan karakter yang sangat berbeda dari karakter-karakter yang ada di novel lain, yang cenderung pemurung atau manja atau yang lembut.
Di novel ini apalagi menjelang ending-nya, kita akan mulai disuguhi adegan-adegan bahaya. Para penulisnya memang nggak segan menggambarkan adegan bahaya, yang tidak terbiasa mungkin akan sedikit terkejut. Dan yang aku suka dari novel ini kejutan-kejutannya. Sebelum memasuki inti cerita aku mulai bisa menebak sih sebenarnya si pelaku teror dan kelanjutan cerita, tapi di pertengahan para penulis membelokkan jalan cerita. Keseluruhan ceritanya aku suka, karena menurut aku novel sejenis ini yang pertama harus membangkitkan rasa penasaran pembacanya dulu. Dan yah, aku diliputi rasa penasaran di awal, ingin terus membaca novelnya sampai rasa penasaran itu terjawab.
Bagi kalian yang mungkin baru ingin mulai membaca novel thriller, Januari: Flashback bisa menjadi pilihan. Karena meski genre-nya thriller, tapi masih bisa ditolerir adegan-adegan yang bisa bikin perut mulas.

3 of a 5 STARS

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor