19 Agustus 2015

Tentang Kita's Review

Diposting oleh Mellisa Assa di 3:53:00 PM

Judul: Tentang Kita
Editor: Herlina P. Dewi
Proofreader: Weka Swasti
Penerbit: Stiletto Book
Tebal Buku: 205 halaman
Tahun Terbit: 2015
ISBN: 978-602-7572-37-9
Kategori: Fiksi, Kumpulan Cerita Pendek
(Hadiah Arisan Buku Stiletto Book Club)
 
Kumpulan cerpen Reda Gaudiamo ini ditulis dalam rentang waktu yang cukup panjang : dari akhir 1980-an hingga 2014. Warna dari masa ke masa cukup terasa pada beberapa cerpen. 
Tetapi ada satu hal penting yang mengikat satu cerpen dengan cerpen yang lain: semua berkisah tentang keseharian, tentang hati dan cinta manusia biasa.
***
Pertama-tama mau bilang TERIMA KASIH BANYAK buat Stiletto Book Club yang sudah memilih aku sebagai pemenang arisan buku Stiletto Book Club. Dan aku senang dihadiahi novel ini. Berisi 17 kumpulan cerita penulis yang sudah pernah dimuat di berbagai media massa -koran dan majalah-. Semua cerita seperti yang tertulis di cover belakang novel, berkisah tentang keseharian manusia. Bagaimana kita berusaha meyakinkan ayah tercinta untuk bisa menerima lelaki pilihan kita. Atau cerita seorang ibu yang anaknya harus mengikuti kemauannya. Ada juga kisah penyesalan seorang istri yang lebih memilih berkarir sehingga lalai mempertahankan janin yang dikandungnya. Semua kisah mengingatkan kita untuk belajar berkaca pada diri kita sendiri. Dan betapa keluarga adalah hal berharga yang tidak pantas kita gantikan dengan uang atau kemewahan atau jabatan.
Isi cerita sesuai dengan covernya. Permen warna-warni bercampur dalam satu wadah. Seperti manusia di muka bumi ini dengan beragam karakter dan kehidupan yang dijalani masing-masing. Dari 17 cerita, aku memfavoritkan 7 kumpulan cerita yang membuatku nagih dan pengen ceritanya lebih panjang karena masih penasaran dengan endingnya, yaitu:
1. Mungkin Bib Benar
2. Anak Ibu
3. Potret Keluarga
4. Menantu
5. Taksi
6. Cik Giok
7. Di Pagi Hari
Berharap kalau penulis mungkin akan mengembangkan cerita pendeknya menjadi sebuah novel.
Keseluruhan ceritanya sederhana tapi menimbulkan kesan mendalam dan pelajaran hidup yang berharga. Aku merekomendasikan buku ini untuk dibaca semua kalangan. Semoga kita bisa lebih mensyukuri hidup yang kita punya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor