12 Januari 2015

(Book's Review) Bonus Track by Koshigaya Osamu

Diposting oleh Mellisa Assa di 2:56:00 PM

Judul : Bonus Track
Penulis : Koshigaya Osamu
Penerjemah : Andry Setiawan
Penerbit : Haru
ISBN : 978-602-7742-36-9
Jumlah Halaman : 380 halaman
Kategori : Fiksi, Terjemahan Jepang, Persahabatan

BLURB :
Aku sendiri pun terkejut. Aku tidak pernah berpikir akan menjadi hantu dan bergentayangan.

Kusano Tetsuya bekerja di sebuah restoran hamburger besar di kotanya. Suatu malam, saat ia pulang kerja sambil mengendarai mobilnya, ia menjadi saksi tabrak lari. Sebuah mobil sport hitam melaju dengan kencang, meninggalkan seorang pemuda bertubuh kecil tergeletak di jalanan di tengah hujan.
Kusano mencoba untuk menolong pemuda itu, bahkan sampai memberikan napas buatan. Namun semua sudah terlambat. Semalam suntuk ia harus memberikan pernyataan di kantor polisi. Gara-gara itu, Kusano demam tinggi dan bahkan berhalusinasi. Pemuda korban tabrak lari itu muncul di kamarnya, tidur-tiduran di atas sofanya, dan bahkan berbuat usil!
Tapi, apa itu benar-benar hanya halusinasi? Halusinasi itu sendiri sih mengaku kalau ia adalah hantu.

Kadang bonus track itu sendiri masih lebih baik dibandingkan dengan keseluruhan album.
***
Tidak pernah terlintas dalam pikiran Kusano kalau dia akan menjalin pertemanan dengan Ryota. Menjadi saksi satu-satunya dalam kasus tabrak lari yang menewaskan Ryota, membuat Kusano jadi diikuti Ryota. Ryota sendiri mengikuti Kusano, karena hanya Kusano seorang yang bisa mendengar suaranya. Saat akhirnya Kusano bisa melihat arwah Ryota, bukannya lari ketakutan, tapi Kusano berlaku santai karena dianggapnya arwah Ryota hanya halusinasinya saja. Kusano baru sadar kalau Ryota bukan hanya halusinasinya saja, saat Minami Hiroto, staf di restoran tempatnya bekerja yang memiliki kemampuan melihat makhluk halus memastikan kalau dia juga bisa melihat Ryota. Perlahan keseharian Kusano yang didominasi dengan jam kerja mulai berubah, berkat Ryota. Ryota sendiri yang awalnya berpikir kalau nasibnya sungguh sial, pada akhirnya merasa bersyukur, setelah tahu kalau masih banyak keluarga dan sahabatnya yang merasa sedih dengan kematiannya. Dengan dibantu Kusano dan Minami, Ryota berusaha untuk mencari pelaku tabrak lari, agar dia bisa pergi dengan tenang.

Pertemanan yang manis, walau pun singkat. Ryota benar-benar meninggalkan kesan yang mendalam untukku. Harus bersabar membaca novel ini, karena di awal kita harus mengikuti dulu deskripsi panjang kehidupan Kusano dan Ryota. Tujuannya mungkin supaya kita para pembacanya mengenal dengan dekat terlebih dahulu tokoh Kusano dan Ryota. Dan jujur saja deskripsi bagian Kusano sempat membuatku bosan karena menggunakan sudut pandang orang ketiga. Sementara aku bisa menikmati PoV dari Ryota yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Saat masuk dibagian dimana Kusano bisa melihat Ryota, ceritanya mulai enak. Aku menikmati dialog antara Kusano dan Ryota yang sering adu mulut. Seolah mereka sudah saling mengenal sejak lama. Terjemahannya yang tidak kaku bikin aku tidak mudah bosan. Sempat merinding juga saat Minami mulai menceritakan pengalamannya yang bisa melihat hantu. Dan saat mulai merasakan chemistry antara Ryota dan Kusano, aku pun jadi tidak ingin kehilangan Ryota, dan turut menyesal kenapa Ryota harus meninggal.

Melihat judulnya, aku sempat mengira kalau novel ini akan berhubungan dengan musik. Tapi ternyata tidak. Memang ada beberapa part yang membahas soal musik, tapi musik bukanlah inti cerita. Mendekati ending, baru kita akan mengerti mengapa novel ini diberi judul Bonus Track. Walau pun tidak ada unsur romance, tapi novel ini menyentuhku juga karena kisah pertemanan yang tulus yang dibawa penulis, dan dialog-dialog yang tak jarang membuatku tertawa. Juga pesan moral yang terselip dari cerita ini.
Karena bukan ahli EYD jadi aku tidak akan mengomentari bagian itu. Tapi yang jelas aku jarang menemukan kesalahan huruf. Mungkin aku terlalu hanyut dengan cerita hingga tidak memerhatikan typo, atau memang novel ini minim typo. Yang jelas aku memang hanya menemukan satu kesalahan pengetikan huruf –yang aku lupa di halaman mana-.
Bonus Track menurutku bisa diterima di berbagai kalangan. Agar kita yang masih diberi umur yang panjang oleh Tuhan bisa belajar dari Ryota, bagaimana mensyukuri hidup dan memanfaatkan waktu dengan baik selama kita hidup.

3 of a 5 star.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mells Book's Shelves © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor